-->

Friday, June 17, 2016

Video perkembangan anak :’merangkak-berdiri
Video perkembangan anak :’merangkak-berdiri”
Anak pada usia delapan hingga duabelas bulan (8-12bln) adalah masa-masa anak mulai bergerak banyak yaitu proses berlatih merangkak sampai akhirnya berdiri meskipun ada juga anak yang berusia 9 bulan sudah bisa berjalan namun pada kebanyakan proses ini sang
anak baru proses merayap-merangkak dan berdiri , tahap merayap-merangkak termasuk yang lama karena stimulasi untuk berdiri agak sulit bagi anak namun kita sebagai orang tua bisa memancing anak dengan berbagai permainan atau benda-benda yang di sukainya seperti dalam video anak saya tersebut saya pancing dengan sandal , pada video di atas terlihat anak tidak bermunat untuk berdiri dan kami memanfaatkan kursi yang setinggi dadanya dengan sandal untuk memancingnya karena setiap kali kita lepas dia langsung mengarah ke sandal dan memainkannya .. hingga kita kadang kewalahan dengan situasi itu karena sandal termasuk benda yang kotor namun selama kita ada di dekatnya kita bisa terus memantaunya agar tidak memasukkan ke mulutnya , biarkan anak terus bereksplorasi agar kita bisa lebih alami mengenal pola pikirnya .

Proses merangkak,maksud saya sebelum merangkak anak saya merayap … kata tetangga memang ada anak yang tidak melalui tahap merangkak dan saya kira juga akan terjadi pada anak saya namun trernyata akhirnya melewati juga ,, dan saya bersukur kalau melalui tahap merangkak maka akan lebih mudah menstimulasi berdirinya karena posisi tubuh yang menjadi lebih tinggi , tinggal kita membimbingnya dengan benda-benda di atas maka otomatis sang anak berusaha untuk menggapainya , dengan demikian dia akan mulai belajar berdiri dengan sendirinya.

Bicara hal lain tentang video diatas , pada video terlihat anak merangkak di tanah .. ini memang saya sengaja , karena saya hidup de pegunungan jadi tanah masih alami dan bisa di bilang “bersih”… ya maksudnya bersih dalam artian tertentu , maka sengaja saya umbar di tanah karena menurut saya tekstur dan bentuk tanah akan membimbing imajinasinya ke arah yang alami dan lebih cepat belajar dengan menyatu dengan alam .. namun tentu saja harus dengan pengawasan di dekatnya karena berbahaya bila memakan apa saja yang di temuinya

Yang tlah berlalu biarlah berlalu

0 komentar:

Post a Comment

Hubungkan ke Facebook

Contact Us
Goa Maria Lawangsih
0852-9219-3234
Patihombo yogyakarta