-->

Thursday, May 5, 2016

Apa yang terjadi kalau resep anti biotik dari dokter tidak di habiskan ?

Antibiotik adalah obat yang bertujuan membunuh bakteri , menekan atau menghentikan infeksi yang di sebabkan oleh bakteri , hanya bakteri ya.. antibiotik hanya bisa membunuh bakteri bukan virus ,jamur atau non bakteri lainya , sekali lagi hanya bisa membunuh bakteri.Sedang cara kerja antibiotik
adalah langsung membunuh bakteri tanpa melukai si manusia/penderita yang menyandang penyakit tersebut.
Jenis anti bakteri itu apa saja ? jadi anti bakteri itu ada dua macam jenisnya ada antibiotik alami dan antibiotik sintetis
1.antibiotik alami
Adalah antibiotik yang di hasilkan dari bahan-bahan alamiah .contohnya adalah madu,propolis,bawang putih,temulawak,teh hijau,bawang merah dll.Antibiotik yang di hasilkan dari bahan-bahan alami ini meski dikonsumsi terus menerus hampir tanpa efek samping karena sifatnya alami dan tidak berbahaya.
2.antibiotik sintetis
Merupakan antibiotik buatan melalui proses kimia yang memiliki ciri dan karakter masing-masing,pengunaan antibiorik jenis ini harus dengan resep dokter karena harus dengan pengawasan dan dosis tertentu, antibiotik jenis ini tidak bisa di beli sembarangan dan harus di habiskan.
Kenapa penggunaan antibiotik harus di habiskan?
Saat memberikan antibiotik biasanya dokter selau menyisipkan kata “harus habis”, ini ada sebabnya,
1.penggunaan antibiotik harus di habiskan karena dosis yang diberikan dokter itu sudah sesuai dengan dosis yang cukup untuk membunuh bakteri tertentu yang saat itu menyerang si penderita, kalau tidak habis maka bakterinya tidak mati dan hanya semacam pingsan , ini menyebabkan bakteri hanya akan bertambah kebal dan kalau menyerang lagi akan sulit membunuhnya.
2.bakteri akan menjadi lebih tangguh kalau tidak mati secara sempurna tentu ini akan menimbulkan penyakit yang lebih parah saat menyerang lagi
3.saat bakteri tak di habiskan dan bakteri tidak mati secara bersih maka bakteri bisa/akan berpindah tempat tentu saja ini akan menimbulkan berbagai macam penyakit lainya.
Kapan harus menggunakan antibiotik ?
Sebaiknya konsiltasi dan periksa ke dokter dulu sebelum menggunakan anti biotik karena harus memakai resep/dosis dari dokter .Sekali lagi penggunaan antibiotik yang tidak habis akan menyebabkan bakteri tidak mati sempurna ini akan membuat bakteri menjadi lebih tangguh dan bila mnimbulkan penyakit maka akan lebih sulit di atasi.

Yang tlah berlalu biarlah berlalu

0 komentar:

Post a Comment

Hubungkan ke Facebook

Contact Us
Goa Maria Lawangsih
0852-9219-3234
Patihombo yogyakarta